Mazmur 2:1-12
Raja yang diurapi TUHAN
2:1 Mengapa rusuh bangsa-bangsa
1 , mengapa suku-suku bangsa mereka-reka
perkara yang sia-sia?
2:2 Raja-raja
dunia bersiap-siap dan para pembesar bermufakat bersama-sama melawan TUHAN dan yang
diurapi-Nya
2 :
2:3 "Marilah kita memutuskan belenggu-belenggu
mereka dan membuang tali-tali
mereka dari pada kita!"
2:4 Dia, yang bersemayam
di sorga, tertawa;
Tuhan mengolok-olok mereka.
2:5 Maka berkatalah Ia kepada mereka dalam murka-Nya
dan mengejutkan mereka dalam kehangatan amarah-Nya:
2:6 "Akulah yang telah melantik raja-Ku
di Sion,
gunung-Ku
yang kudus!"
2:7 Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: "Anak-Ku
engkau! Engkau telah Kuperanakkan
pada hari ini
3 .
2:8 Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa
akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu
4 ,
dan ujung bumi
menjadi kepunyaanmu.
2:9 Engkau akan meremukkan mereka dengan gada besi,
memecahkan
mereka seperti tembikar
tukang periuk."
2:10 Oleh sebab itu, hai raja-raja, bertindaklah bijaksana,
terimalah pengajaran, hai para hakim
dunia!
2:11 Beribadahlah kepada TUHAN dengan takut
dan ciumlah kaki-Nya
dengan gemetar,
2:12 supaya Ia jangan murka dan kamu binasa di jalan, sebab mudah sekali murka-Nya
menyala. Berbahagialah
semua orang yang berlindung
pada-Nya!
Mazmur 16:9-11
16:9 Sebab itu hatiku bersukacita
dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram;
16:10 sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati
5 ,
dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu
melihat kebinasaan.
16:11 Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan;
di hadapan-Mu
ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu
ada nikmat
senantiasa.
Mazmur 22:1-31
Allahku, mengapa Kautinggalkan aku?
22:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Rusa di kala fajar. Mazmur Daud. (22-2) Allahku
6 , Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku
7 ?
Aku berseru,
tetapi Engkau tetap jauh
dan tidak menolong aku.
22:2 (22-3) Allahku, aku berseru-seru pada waktu siang, tetapi Engkau tidak menjawab
8 ,
dan pada waktu malam,
tetapi tidak juga aku tenang.
22:3 (22-4) Padahal Engkaulah Yang Kudus
yang bersemayam di atas puji-pujian
orang Israel.
22:4 (22-5) Kepada-Mu nenek moyang kami percaya; mereka percaya, dan Engkau meluputkan mereka.
22:5 (22-6) Kepada-Mu mereka berseru-seru,
dan mereka terluput; kepada-Mu mereka percaya,
dan mereka tidak mendapat malu.
22:6 (22-7) Tetapi aku ini ulat
dan bukan orang, cela bagi manusia,
dihina
oleh orang banyak.
22:7 (22-8) Semua yang melihat aku mengolok-olok aku,
mereka mencibirkan
bibirnya, menggelengkan kepalanya
9 :
22:8 (22-9) "Ia menyerah kepada TUHAN
10 ; biarlah Dia yang meluputkannya,
biarlah Dia yang melepaskannya!
Bukankah Dia berkenan
kepadanya?"
22:9 (22-10) Ya, Engkau yang mengeluarkan aku dari kandungan;
Engkau yang membuat aku aman
pada dada ibuku.
22:10 (22-11) Kepada-Mu aku diserahkan sejak aku lahir,
sejak dalam kandungan ibuku Engkaulah Allahku.
22:11 (22-12) Janganlah jauh dari padaku,
sebab kesusahan telah dekat,
dan tidak ada yang menolong
11 .
22:12 (22-13) Banyak lembu jantan
mengerumuni aku;
banteng-banteng dari Basan
mengepung aku;
22:13 (22-14) mereka mengangakan
mulutnya terhadap aku seperti singa
yang menerkam
dan mengaum.
22:14 (22-15) Seperti air aku tercurah, dan segala tulangku terlepas dari sendinya;
hatiku menjadi seperti lilin,
hancur luluh
di dalam dadaku;
22:15 (22-16) kekuatanku kering seperti beling,
lidahku melekat pada langit-langit mulutku;
dan dalam debu
maut Kauletakkan aku.
22:16 (22-17) Sebab anjing-anjing
mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk
tangan dan kakiku
12 .
22:17 (22-18) Segala tulangku dapat kuhitung; mereka menonton,
mereka memandangi
aku.
22:18 (22-19) Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka
13 , dan mereka membuang undi
atas jubahku.
22:19 (22-20) Tetapi Engkau, TUHAN, janganlah jauh;
ya kekuatanku,
segeralah
menolong aku!
22:20 (22-21) Lepaskanlah aku dari pedang,
dan nyawaku
dari cengkeraman anjing.
22:21 (22-22) Selamatkanlah aku dari mulut singa,
dan dari tanduk banteng.
Engkau telah menjawab aku!
22:22 (22-23) Aku akan memasyhurkan nama-Mu kepada saudara-saudaraku
14 dan memuji-muji
Engkau di tengah-tengah jemaah:
22:23 (22-24) kamu yang takut akan TUHAN, pujilah Dia,
hai segenap anak cucu Yakub, muliakanlah Dia,
dan gentarlah terhadap Dia,
hai segenap anak cucu Israel!
22:24 (22-25) Sebab Ia tidak memandang hina
ataupun merasa jijik kesengsaraan orang yang tertindas,
dan Ia tidak menyembunyikan wajah-Nya
kepada orang itu, dan Ia mendengar ketika orang itu berteriak minta tolong
kepada-Nya.
22:25 (22-26) Karena Engkau aku memuji-muji dalam jemaah
yang besar; nazarku
akan kubayar di depan mereka yang takut akan Dia.
22:26 (22-27) Orang yang rendah hati akan makan
dan kenyang, orang yang mencari TUHAN akan memuji-muji Dia;
biarlah hatimu hidup untuk selamanya!
22:27 (22-28) Segala ujung bumi
akan mengingatnya dan berbalik kepada TUHAN; dan segala kaum dari bangsa-bangsa akan sujud menyembah di hadapan-Nya.
22:28 (22-29) Sebab Tuhanlah
yang empunya kerajaan, Dialah yang memerintah atas bangsa-bangsa.
22:29 (22-30) Ya, kepada-Nya akan sujud menyembah
semua orang sombong
di bumi, di hadapan-Nya akan berlutut semua orang yang turun ke dalam debu,
dan orang yang tidak dapat menyambung hidup.
22:30 (22-31) Anak-anak cucu
akan beribadah kepada-Nya, dan akan menceritakan tentang TUHAN kepada angkatan
yang akan datang.
22:31 (22-32) Mereka akan memberitakan keadilan-Nya
kepada bangsa yang akan lahir nanti,
sebab Ia telah melakukannya.
Mazmur 40:6-8
40:6 (40-7) Engkau tidak berkenan
kepada korban sembelihan dan korban sajian
15 , tetapi Engkau telah membuka telingaku;
korban bakaran
dan korban penghapus dosa tidak Engkau tuntut.
40:7 (40-8) Lalu aku berkata: "Sungguh, aku datang; dalam gulungan kitab
ada tertulis tentang aku;
40:8 (40-9) aku suka melakukan kehendak-Mu
16 ,
ya Allahku;
Taurat-Mu ada dalam dadaku
17 .
"
Mazmur 69:1-36
Doa dalam kesesakan
69:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Bunga bakung. Dari Daud. (69-2) Selamatkanlah aku
18 , ya Allah
19 , sebab air
telah naik sampai ke leherku!
69:2 (69-3) Aku tenggelam ke dalam rawa yang dalam,
tidak ada tempat bertumpu; aku telah terperosok ke air yang dalam, gelombang pasang menghanyutkan aku.
69:3 (69-4) Lesu aku karena berseru-seru,
kerongkonganku kering; mataku nyeri
karena mengharapkan Allahku.
69:4 (69-5) Orang-orang yang membenci aku
tanpa alasan
lebih banyak dari pada rambut di kepalaku; terlalu besar jumlah orang-orang yang hendak membinasakan
aku, yang memusuhi aku tanpa sebab;
aku dipaksa untuk mengembalikan apa yang tidak kurampas.
69:5 (69-6) Ya Allah, Engkau mengetahui kebodohanku,
kesalahan-kesalahanku tidak tersembunyi bagi-Mu.
69:6 (69-7) Janganlah mendapat malu oleh karena aku orang-orang yang menantikan Engkau, ya Tuhan, ALLAH semesta alam! Janganlah kena noda oleh karena aku orang-orang yang mencari Engkau, ya Allah Israel!
69:7 (69-8) Sebab oleh karena Engkaulah
aku menanggung cela,
noda meliputi mukaku.
69:8 (69-9) Aku telah menjadi orang luar bagi saudara-saudaraku, orang asing bagi anak-anak ibuku;
69:9 (69-10) sebab cinta untuk rumah-Mu menghanguskan aku
20 ,
dan kata-kata yang mencela Engkau telah menimpa aku.
69:10 (69-11) Aku meremukkan diriku dengan berpuasa,
tetapi itupun menjadi cela bagiku;
69:11 (69-12) aku membuat kain kabung
menjadi pakaianku, aku menjadi sindiran bagi mereka.
69:12 (69-13) Aku menjadi buah bibir orang-orang yang duduk di pintu gerbang,
dengan kecapi peminum-peminum
menyanyi tentang aku.
69:13 (69-14) Tetapi aku, aku berdoa kepada-Mu, ya TUHAN, pada waktu Engkau berkenan,
ya Allah; demi kasih setia-Mu
yang besar jawablah aku dengan pertolongan-Mu yang setia!
69:14 (69-15) Lepaskanlah aku dari dalam lumpur, supaya jangan aku tenggelam, biarlah aku dilepaskan dari orang-orang yang membenci aku, dan dari air
yang dalam!
69:15 (69-16) Janganlah gelombang air
menghanyutkan aku, atau tubir menelan
aku, atau sumur menutup mulutnya di atasku.
69:16 (69-17) Jawablah aku, ya TUHAN, sebab kasih setia-Mu
baik, berpalinglah kepadaku menurut rahmat-Mu yang besar!
69:17 (69-18) Janganlah sembunyikan wajah-Mu
kepada hamba-Mu, sebab aku tersesak;
segeralah
menjawab aku!
69:18 (69-19) Datanglah kepadaku, tebuslah aku, bebaskanlah
aku oleh karena musuh-musuhku.
69:19 (69-20) Engkau mengenal celaku,
maluku dan nodaku; semua lawanku ada di hadapan-Mu.
69:20 (69-21) Cela itu telah mematahkan hatiku, dan aku putus asa; aku menantikan belas kasihan, tetapi sia-sia, menantikan penghibur-penghibur,
tetapi tidak kudapati.
69:21 (69-22) Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus,
mereka memberi aku minum anggur asam.
69:22 (69-23) Biarlah jamuan yang di depan mereka menjadi jerat
21 , dan selamatan mereka menjadi perangkap.
69:23 (69-24) Biarlah mata mereka menjadi gelap, sehingga mereka tidak melihat; buatlah pinggang mereka goyah senantiasa!
69:24 (69-25) Tumpahkanlah amarah-Mu
ke atas mereka, dan biarlah murka-Mu yang menyala-nyala menimpa mereka.
69:25 (69-26) Biarlah perkemahan mereka menjadi sunyi,
dan biarlah kemah-kemah
mereka tidak ada penghuninya.
69:26 (69-27) Sebab mereka mengejar orang yang Kaupukul, mereka menambah kesakitan orang-orang yang Kautikam.
69:27 (69-28) Tambahkanlah salah kepada salah
mereka, dan janganlah sampai Engkau membenarkan
mereka!
69:28 (69-29) Biarlah mereka dihapuskan dari kitab kehidupan,
janganlah mereka tercatat bersama-sama dengan orang-orang yang benar!
69:29 (69-30) Tetapi aku ini tertindas dan kesakitan, keselamatan dari pada-Mu, ya Allah, kiranya melindungi aku!
69:30 (69-31) Aku akan memuji-muji nama Allah dengan nyanyian,
mengagungkan Dia
dengan nyanyian syukur;
69:31 (69-32) pada pemandangan Allah itu lebih baik dari pada sapi jantan, dari pada lembu jantan yang bertanduk dan berkuku belah.
69:32 (69-33) Lihatlah, hai orang-orang yang rendah hati, dan bersukacitalah;
kamu yang mencari Allah, biarlah hatimu hidup kembali!
69:33 (69-34) Sebab TUHAN mendengarkan orang-orang miskin,
dan tidak memandang hina orang-orang-Nya dalam tahanan.
69:34 (69-35) Biarlah langit dan bumi memuji-muji Dia, lautan dan segala yang bergerak di dalamnya.
69:35 (69-36) Sebab Allah akan menyelamatkan Sion
dan membangun kota-kota Yehuda
, supaya orang-orang diam di sana dan memilikinya;
69:36 (69-37) anak cucu hamba-hamba-Nya akan mewarisinya
, dan orang-orang yang mencintai nama-Nya akan diam di situ.
Mazmur 72:1-20
Doa harapan untuk raja
72:1 Dari Salomo. Ya Allah, berikanlah hukum-Mu
kepada raja
22 dan keadilan-Mu kepada putera raja!
72:2 Kiranya ia mengadili umat-Mu dengan keadilan
dan orang-orang-Mu yang tertindas dengan hukum!
72:3 Kiranya gunung-gunung membawa damai sejahtera bagi bangsa, dan bukit-bukit membawa kebenaran!
72:4 Kiranya ia memberi keadilan kepada orang-orang yang tertindas
dari bangsa itu, menolong orang-orang miskin,
tetapi meremukkan pemeras-pemeras
!
72:5 Kiranya lanjut umurnya
selama ada matahari, dan selama ada bulan, turun-temurun
!
72:6 Kiranya ia seperti hujan
yang turun ke atas padang rumput, seperti dirus hujan yang menggenangi bumi!
72:7 Kiranya keadilan berkembang
dalam zamannya dan damai sejahtera berlimpah, sampai tidak ada lagi bulan!
72:8 Kiranya ia memerintah dari laut ke laut, dari sungai Efrat
sampai ke ujung bumi!
72:9 Kiranya penghuni padang belantara berlutut di depannya, dan musuh-musuhnya menjilat debu;
72:10 kiranya raja-raja dari Tarsis
dan pulau-pulau
membawa persembahan-persembahan; kiranya raja-raja dari Syeba
dan Seba menyampaikan upeti
!
72:11 Kiranya semua raja sujud
menyembah kepadanya, dan segala bangsa menjadi hambanya
!
72:12 Sebab ia akan melepaskan orang miskin yang berteriak minta tolong, orang yang tertindas, dan orang yang tidak punya penolong;
72:13 ia akan sayang
kepada orang lemah dan orang miskin, ia akan menyelamatkan
nyawa orang miskin.
72:14 Ia akan menebus nyawa mereka dari penindasan dan kekerasan, darah mereka mahal
di matanya.
72:15 Hiduplah ia! Kiranya dipersembahkan kepadanya emas Syeba
! Kiranya ia didoakan senantiasa, dan diberkati sepanjang hari
!
72:16 Biarlah tanaman gandum
berlimpah-limpah di negeri, bergelombang di puncak pegunungan; biarlah buahnya
mekar bagaikan Libanon
, bulir-bulirnya berkembang bagaikan rumput di bumi.
72:17 Biarlah namanya tetap selama-lamanya
, kiranya namanya semakin dikenal selama ada matahari.
Kiranya segala bangsa saling memberkati dengan namanya, dan menyebut dia berbahagia.
72:18 Terpujilah TUHAN, Allah Israel,
yang melakukan perbuatan
yang ajaib seorang diri!
72:19 Dan terpujilah kiranya nama-Nya
yang mulia selama-lamanya, dan kiranya kemuliaan-Nya
memenuhi seluruh bumi. Amin, ya amin
.
72:20 Sekianlah doa-doa Daud bin Isai
.
Mazmur 88:1-18
Doa pada waktu sakit payah
88:1 Nyanyian. Mazmur bani Korah. Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Mahalat Leanot. Nyanyian pengajaran Heman, orang Ezrahi. (88-2) Ya TUHAN, Allah yang menyelamatkan aku,
siang hari aku berseru-seru,
pada waktu malam aku menghadap Engkau
23 .
88:2 (88-3) Biarlah doaku datang ke hadapan-Mu, sendengkanlah telinga-Mu kepada teriakku;
88:3 (88-4) sebab jiwaku kenyang dengan malapetaka,
dan hidupku sudah dekat dunia orang mati.
88:4 (88-5) Aku telah dianggap termasuk orang-orang yang turun ke liang kubur;
aku seperti orang yang tidak berkekuatan.
88:5 (88-6) Aku harus tinggal di antara orang-orang mati, seperti orang-orang yang mati dibunuh, terbaring dalam kubur, yang tidak Kauingat lagi, sebab mereka terputus
dari kuasa-Mu.
88:6 (88-7) Telah Kautaruh aku dalam liang kubur yang paling bawah, dalam kegelapan, dalam tempat yang dalam.
88:7 (88-8) Aku tertekan oleh panas murka-Mu,
dan segala pecahan ombak-Mu
Kautindihkan kepadaku. Sela
88:8 (88-9) Telah Kaujauhkan kenalan-kenalanku
dari padaku, telah Kaubuat aku menjadi kekejian bagi mereka. Aku tertahan
dan tidak dapat keluar;
88:9 (88-10) mataku
merana karena sengsara. Aku telah berseru
kepada-Mu, ya TUHAN, sepanjang hari, telah mengulurkan tanganku
kepada-Mu.
88:10 (88-11) Apakah Kaulakukan keajaiban bagi orang-orang mati? Masakan arwah bangkit untuk bersyukur kepada-Mu?
Sela
88:11 (88-12) Dapatkah kasih-Mu diberitakan di dalam kubur, dan kesetiaan-Mu
di tempat kebinasaan?
88:12 (88-13) Diketahui orangkah keajaiban-keajaiban-Mu dalam kegelapan, dan keadilan-Mu di negeri segala lupa?
88:13 (88-14) Tetapi aku ini, ya TUHAN, kepada-Mu aku berteriak minta tolong,
dan pada waktu pagi
doaku datang ke hadapan-Mu.
88:14 (88-15) Mengapa, ya TUHAN, Kaubuang
aku, Kausembunyikan wajah-Mu
dari padaku?
88:15 (88-16) Aku tertindas
dan menjadi inceran maut sejak kecil,
aku telah menanggung kengerian
dari pada-Mu, aku putus asa.
88:16 (88-17) Kehangatan murka-Mu
menimpa aku, kedahsyatan-Mu
membungkamkan aku,
88:17 (88-18) mengelilingi aku seperti air banjir
sepanjang hari, mengepung aku serentak.
88:18 (88-19) Telah Kaujauhkan dari padaku sahabat dan teman,
kenalan-kenalanku adalah kegelapan.
1 Full Life: MENGAPA RUSUH BANGSA-BANGSA.
Nas : Mazm 2:1-12
Mazmur ini terdiri atas empat pemandangan yang berbeda.
- 1) Pemazmur mulai dengan membicarakan bangsa-bangsa dan raja-raja dunia
yang menentang Yang Diurapi Allah (ayat Mazm 2:1-3; bd.
Kis 4:25-27;
lihat cat. --> Mazm 2:2 berikutnya)
[atau ref. Mazm 2:2]
-- suatu gambaran menyedihkan mengenai pemberontakan congkak umat manusia
terhadap Allah, hukum-Nya, penebusan-Nya, Mesias-Nya, dan ajaran moral
penyataan-Nya. Para penulis PB juga melihat dunia sedang menentang Kristus,
orang percaya, dan iman alkitabiah (Yoh 15:19; Ef 6:12).
- 2) Allah menanggapi mereka dengan mencemooh usaha bodoh dari dunia yang
berusaha menyingkirkan Dia (ayat Mazm 2:4-6). Saatnya akan tiba
ketika Ia akan mengakhiri pemberontakan manusia dan menegakkan
kerajaan-Nya di atas muka bumi ini (lih. Rom 1:18; 1Tes 5:1-11;
2Tes 2:8; Wahy 19:11-21).
- 3) Allah Bapa berjanji untuk mengutus Anak yang dikasihi-Nya (ayat
Mazm 2:7-9), puncak warisan bangsa-bangsa (lih. Kis 13:33;
Ibr 1:5; Ibr 5:5; bd. Mat 3:17; 17:5; 2Pet 1:17), untuk
mengalahkan semua pihak yang menentang pemerintahan-Nya. Jadi, janji ini
akan digenapi ketika Kristus datang ke dunia pada akhir zaman dan
membinasakan semua musuh Allah (lih. Wahy 12:5; 19:15). Ketika itu
semua orang percaya yang setia akan ikut memerintah bangsa-bangsa
bersama dengan Dia (Wahy 2:26-27).
- 4) Melalui pemazmur, Roh Kudus menasihati umat manusia untuk bersikap
bijaksana di hadapan Allah Yang Mahakuasa dan berlindung pada-Nya
sebelum hari penghakiman yang dahsyat itu tiba (ayat Mazm 2:10-12;
Ibr 3:7-19).
2 Full Life: YANG DIURAPI-NYA.
Nas : Mazm 2:2
Mazmur Mazm 2:1-12 adalah mazmur Mesias, yaitu yang menubuatkan
kedatangan Mesias Allah, Yesus Kristus. "Mesias" artinya "yang diurapi" dan
dipakai untuk Yesus yang diurapi Allah untuk menebus Israel dan memerintah
atas kerajaan Allah
(lihat cat. --> Mazm 2:7 selanjutnya;
lihat cat. --> Mat 1:1).
[atau ref. Mazm 2:7; Mat 1:1]
3 Full Life: ANAK-KU ... ENGKAU TELAH KUPERANAKKAN PADA HARI INI.
Nas : Mazm 2:7
"Kuperanakkan" secara harfiah artinya "melahirkan Engkau". Istilah
ini dipakai untuk seorang wanita yang melahirkan bayi dari rahimnya, tetapi
juga dipakai bila seorang raja memperkenalkan putranya di hadapan umum
untuk mengangkatnya selaku raja bersama ayahnya (bd. 1Raj 1:32-34 di
mana Daud melakukannya untuk Salomo). Di sini istilah itu dipakai ketika
Yesus dinyatakan di depan umum selaku Anak Allah dan pengurapan-Nya sebagai
imam, nabi, dan raja (lih. Mat 3:12; Kis 13:33; Ibr 1:5; 5:5; 7:28;
2Pet 1:13).
4 Full Life: BANGSA-BANGSA ... MENJADI MILIK PUSAKA-MU.
Nas : Mazm 2:8
Tidak pernah ada raja di dunia yang menerima janji semacam ini;
janji ini hanya digenapi dalam Raja Mesias, Yesus (lih. Za 9:10).
5 Full Life: TIDAK MENYERAHKAN AKU KE DUNIA ORANG MATI.
Nas : Mazm 16:10
Hubungan pribadi dengan Allah akan memberikan kepastian kepada orang
percaya mengenai kehidupan di masa depan dengan Allah dan keyakinan bahwa
Ia tidak akan menyerahkan mereka ke dunia orang mati (Ibr. _Sheol_; bd.
Mazm 73:26). Rasul Petrus dan Paulus keduanya menerapkan ayat ini kepada
Kristus dan kebangkitan-Nya (Kis 2:25-31; 13:34-37).
- 1) _Sheol_, yang terdapat 66 kali dalam PL, dalam bahasa Inggris
diterjemahkan 55 kali sebagai "kuburan", dan 6 kali sebagai "kematian".
Beberapa ahli berpendapat bahwa _Sheol_ senantiasa berarti "kuburan",
sedangkan ahli lainnya beranggapan bahwa kata tersebut tidak pernah
mengandung arti demikian itu saja.
- 2) Secara umum, PL memandang _Sheol_ sebagai tempat yang berhubungan
dengan semacam hukuman.
- (a) Ketika Yakub mengatakan bahwa dia akan turun ke _Sheol_ karena
kehilangan putranya Yusuf (Kej 37:35), ia merasa bahwa dirinya
berada di bawah hukuman Allah; karena itu dia menolak untuk dihibur;
tidak ada bukti bahwa dia mencari Allah kembali hingga setelah ia
mendengar Yusuf masih hidup.
- (b) Daud dengan jelas menunjukkan bahwa _Sheol_ adalah tempat tujuan
"orang-orang fasik" (Mazm 9:18), dan Yesaya mengatakan bahwa raja
kafir Tiglat-Pileser dari Asyur, ketika meninggal dunia, akan
menjumpai di Sheol raja-raja yang ditaklukkannya (Yes 14:9-10).
- (c) Ada beberapa nas yang menunjukkan bahwa orang Israel tidak
mengharapkan masuk ke _Sheol_ ketika meninggal dunia ini, tetapi
sebaliknya pergi ke tempat di mana mereka dapat menikmati
berkat-berkat kehadiran Allah. Ketika Daud meninggal, ia
mengharapkan akan tinggal selalu di rumah Tuhan (Mazm 23:6).
Pemazmur lainnya percaya bahwa Allah akan menebus hidupnya dari
dunia orang mati (_Sheol_) dan membawanya bersama-Nya ke sorga
(Mazm 49:16; bd. Mazm 73:14-15). Dan Salomo bersaksi bahwa
jalan kehidupan orang berhikmat yang takut akan Allah menuju ke atas
"supaya ia menjauhi dunia orang mati di bawah" (Ams 15:24).
6 Full Life: ALLAHKU.
Nas : Mazm 22:2-32
Mazmur ini, yang paling banyak dikutip dalam PB disebut "mazmur
salib" karena begitu rinci melukiskan penderitaan berat Kristus di salib.
Perhatikan setidak-tidaknya dua hal tentang mazmur ini:
- 1) Ini adalah seruan penderitaan dan kesedihan dari seorang penderita
saleh yang belum dibebaskan dari pencobaan dan penderitaan. Dalam arti
ini semua orang percaya yang menderita dapat menyatukan dirinya dengan
kata-kata dalam doa ini.
- 2) Kata-kata dalam mazmur ini mengungkapkan suatu pengalaman yang jauh
melebihi pengalaman manusia biasa. Dengan ilham Roh Kudus, pemazmur
menubuatkan penderitaan Yesus Kristus ketika disalib dan menunjuk kepada
pembenaran diri-Nya tiga hari kemudian.
7 Full Life: ALLAHKU, ALLAHKU, MENGAPA ENGKAU MENINGGALKAN AKU?
Nas : Mazm 22:2
Yesus mengucapkan seruan mengerikan ini di salib ketika kehadiran
Bapa sorgawi-Nya yang memelihara dan melindungi ditarik (Yes 53:10-12;
2Kor 5:21; lih. Mat 27:46). Yesus ditinggalkan oleh Allah karena Ia
menderita sebagai pengganti orang berdosa, yaitu menjadi kutuk karena kita
(Gal 3:13). Dengan mengutip ayat ini, Yesus juga mengacu kepada seluruh
mazmur ini sebagai gambaran diri-Nya.
8 Full Life: AKU BERSERU-SERU ... ENGKAU TIDAK MENJAWAB.
Nas : Mazm 22:3
Orang percaya, seperti Yesus sendiri, kadang-kadang mungkin merasa
seperti ditinggalkan oleh Allah. Bilamana hal ini terjadi, peganglah teguh
kepercayaan kepada Allah dan kebaikan-Nya, sambil tetap berdoa dan
mengandalkan Dia (ayat Mazm 22:3-6).
9 Full Life: MENGGELENGKAN KEPALANYA.
Nas : Mazm 22:8
Lih. Mat 27:39 yang menyatakan, "Orang-orang yang lewat di sana
menghujat Dia [Yesus] sambil menggelengkan kepala." Isyarat tepat yang
dipakai musuh-musuh Yesus pun dinubuatkan dalam PL.
10 Full Life: IA MENYERAH KEPADA TUHAN.
Nas : Mazm 22:9
Ayat ini menceritakan kata-kata tepat yang akan diucapkan oleh
musuh-musuh Tuhan kepada-Nya ketika mereka menyaksikan penyaliban itu
(Mat 27:43).
11 Full Life: TIDAK ADA YANG MENOLONG.
Nas : Mazm 22:12-18
Ayat-ayat ini melukiskan perasaan tidak berdaya Tuhan ketika
menderita penderaan dan penyaliban yang kejam.
12 Full Life: MENUSUK TANGAN DAN KAKIKU.
Nas : Mazm 22:17
Kata-kata ini pun menubuatkan peristiwa penyaliban (bd.
Yoh 20:25;
lihat cat. --> Mat 27:35).
[atau ref. Mat 27:35]
13 Full Life: MEMBAGI-BAGI PAKAIANKU DI ANTARA MEREKA.
Nas : Mazm 22:19
Tentara Romawi melakukan persis seperti yang dinubuatkan ayat ini --
suatu penggenapan nubuat yang menakjubkan (lih. Mat 27:35; Mr 15:24;
Luk 23:34; Yoh 19:23-24).
14 Full Life: KEPADA SAUDARA-SAUDARAKU.
Nas : Mazm 22:23
Ibr 2:11-12 menghubungkan ayat ini dengan Yesus Kristus; ini
menandai kemenangan salib. Yesus kini adalah Penebus agung yang
mengumpulkan "saudara-saudara-Nya" di keliling-Nya (yaitu orang-orang
tertebus yang percaya kepada-Nya dan menerima kematian-Nya karena mereka,
lih. Yoh 20:17) dan berdiri di antara mereka untuk memuji Tuhan.
Kematian-Nya mendatangkan pertolongan bagi yang tertindas (ayat
Mazm 22:25), hidup kekal (ayat Mazm 22:27), pemberitaan Injil (ayat
Mazm 22:28), pemerintahan-Nya atas semua bangsa (ayat Mazm 22:28-30)
dan pengagungan serta kemuliaan terakhir (ayat Mazm 22:31-32).
15 Full Life: ENGKAU TIDAK BERKENAN KEPADA KORBAN SEMBELIHAN DAN KORBAN SAJIAN.
Nas : Mazm 40:7
Pemazmur paham bahwa korban-korban dan upacara agama simbolis yang
diminta Allah dalam hukum-Nya itu tidak memadai dan bukan pengganti bagi
komitmen sejati dan ketaatan sepenuh hati kepada-Nya (lih. 1Sam 15:22;
Yes 1:11-17; Yer 7:22-23; Mi 6:6-8). Demikian pula, orang percaya zaman
PB boleh mengikuti baptisan air, Perjamuan Kudus, ibadah, atau menyanyi
lagu-lagu pujian, tanpa hati yang sungguh-sungguh setia kepada Allah dan
perintah-perintah firman-Nya. Tidak ada upacara keagamaan yang dapat
mengimbangi tidak adanya ketaatan yang muncul dari iman (bd. Rom 1:5).
16 Full Life: AKU SUKA MELAKUKAN KEHENDAK-MU.
Nas : Mazm 40:9
Ibr 10:5-10 mengutip ayat Mazm 40:7-9 dari mazmur ini dari
versi Septuaginta dan menerapkannya kepada Yesus Kristus. Ayat Mazm 40:7
membicarakan kekurangan perjanjian yang lama; ayat Mazm 40:8 mengacu
kepada kedatangan Kristus ke dalam dunia untuk membawa penebusan (bd.
Luk 24:27; Yoh 5:46). Ketaatan-Nya kepada Bapa Sorgawi dan
pernyataan-Nya akan kebenaran ditekankan dalam ayat Mazm 40:9-11 (bd.
Fili 2:5-8). Semboyan seluruh kehidupan Yesus adalah, "Sungguh, Aku
datang untuk melakukan kehendak-Mu" (Ibr 10:9). Karena Kristus taat
sampai mati, kita dijadikan kudus (Ibr 10:10) agar hukum Allah dapat
ditaruh dalam hati kita (Ibr 10:16). Jadi, setiap orang percaya juga
harus menguatkan kata-kata Kristus ini di dalam hidupnya sendiri, "Inilah
aku, aku datang untuk melakukan kehendak-Mu."
17 Full Life: TAURAT-MU ADA DALAM DADAKU.
Nas : Mazm 40:9
Iman taat yang diinginkan Allah adalah iman yang sungguh-sungguh
bergembira dalam mengikuti kehendak Allah dan menunjukkannya dengan
berusaha menyimpan firman Allah di dalam hatinya (bd. Mazm 119:11;
Yoh 15:7).
18 Full Life: SELAMATKANLAH AKU.
Nas : Mazm 69:2-37
Mazmur ini, bersama dengan Mazmur Mazm 22:1-32, adalah mazmur
yang paling banyak dikutip dalam PB. Kutipan-kutipan itu adalah sbb:
ayat Mazm 69:5 -- Yoh 15:25;
ayat Mazm 69:10 -- Yoh 2:17; Rom 15:3;
ayat Mazm 69:23-24 -- Rom 11:9-10;
ayat Mazm 69:26 -- Kis 1:20.
- 1) Penggubah melukiskan seorang dalam keadaan putus asa, sangat
menderita dalam segala hal mungkin karena kesetiaannya kepada Allah dan
jalan-jalan-Nya yang benar (ayat Mazm 69:8-13). Ia ingin menyembah
Allah sebagaimana diperintahkan oleh Dia (ayat Mazm 69:10-13).
Tradisi menyebutkan Daud sebagai penggubahnya (lih. ayat Mazm 69:1),
tetapi mungkin juga digubah oleh Hizkia (bd. 2Raj 18:1-20:21;
2Taw 29:1-32:33), Yeremia (bd. Yer 11:19; 12:1) atau seorang
Yahudi yang tidak dikenal yang ingin membangun kembali bait Allah
setelah pembuangan (bd. ayat Mazm 69:10).
- 2) Beberapa bagian mazmur ini melambangkan penderitaan Yesus; akan
tetapi, pengakuan dalam ayat Mazm 69:6, dan kutukan-kutukan dari ayat
Mazm 69:23-29, tidak dapat dikenakan pada Kristus.
19 Full Life: SELAMATKANLAH AKU, YA ALLAH.
Nas : Mazm 69:2-5
Ungkapan penderitaan orang benar yang tertindas ini juga menangkap
perasaan sang Juruselamat ketika Ia menderita penganiayaan dari orang jahat
dan mengalami kepedihan mendalam di salib. Demikian pula, setiap orang
percaya benar yang mengalami kesulitan besar serta tidak melihat jalan
keluar dapat berseru kepada Allah, yakin bahwa sebagaimana Tuhan akhirnya
membebaskan Kristus dari semua penderitaan-Nya, Dia juga akan membebaskan
semua anak-Nya pada saat yang ditentukan-Nya.
20 Full Life: CINTA UNTUK RUMAH-MU MENGHANGUSKAN AKU.
Nas : Mazm 69:10
Pemazmur menanggung penolakan, keaiban, dan pengasingan karena
cintanya bagi rumah dan kerajaan Allah (ayat Mazm 69:7-10). Ia telah
berbicara menentang dosa dan memohon kebangunan rohani, pembersihan dan
pembaharuan di antara umat Allah; karena ini dia telah menderita di tangan
orang yang merasa puas dengan keadaan rohani ketika itu (ayat
Mazm 69:10-12).
21 Full Life: BIARLAH JAMUAN ... MENJADI JERAT.
Nas : Mazm 69:23-29
Pemazmur mendoakan agar hukuman menimpa orang yang menentang Allah
dan menimbulkan penderitaan pada orang benar. Paulus menerapkan ayat-ayat
ini kepada orang Yahudi yang terus menolak Kristus dan keselamatan-Nya
(Rom 11:9-10).
22 Full Life: RAJA.
Nas : Mazm 72:1-19
Menurut ayat Mazm 72:1, mazmur ini adalah doa Salomo selaku raja
Israel agar masa pemerintahannya ditandai keadilan, kebenaran, damai
sejahtera, pembinasaan kejahatan, dan pembebasan orang yang tertindas dan
miskin. Itu juga menunjuk kepada pemerintahan Yesus Kristus atas dunia
(lih. pasal Wahy 20:1-22:21) karena beberapa ayatnya dapat dikenakan
sepenuhnya kepada Dia saja (ayat Mazm 72:8,11,17; bd. pasal
Yes 11:1-5; 60:1-62:12). Doa ini mirip dengan doa dalam PB, "Datanglah
kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga" (Mat 6:10).
Bentuk doa ini harus timbul dari hati semua orang yang ingin melihat
Kristus memerintah sebagai raja dan kebenaran-Nya ditegakkan di bumi ini
(lihat cat. --> Wahy 21:1).
[atau ref. Wahy 21:1]
23 Full Life: SIANG HARI AKU BERSERU-SERU, PADA WAKTU MALAM AKU MENGHADAP ENGKAU
Nas : Mazm 88:2-19
(versi Inggris NIV -- Siang dan malam aku berseru-seru). Beberapa
kalangan beranggapan bahwa ini merupakan mazmur yang tersedih. Penggubahnya
telah banyak menderita (ayat Mazm 88:4), mungkin dia seorang penderita
kusta (bd. ayat Mazm 88:9). Ia merasa ajalnya sudah dekat dan bahwa
Allah telah menolaknya (ayat Mazm 88:8,15,17-19). Ia telah berseru siang
dan malam kepada Allah, tetapi tampaknya tidak dijawab (ayat
Mazm 88:2-3,14). Ia patah hati dan hampir tidak ada harapan lagi. Namun
dengan iman ia tidak mau melepaskan Allah; ia mengaku bahwa Tuhan tetaplah
Allah yang menyelamatkan dirinya (ayat Mazm 88:2).
- 1) Pengalaman pemazmur sangat mirip dengan pengalaman Ayub, walaupun di
dalam kasus ini tidak diberi tahu alasan di balik penderitaannya dan
diamnya Allah.
- 2) Mazmur ini menyatakan bahwa Allah kadang-kadang mengizinkan
saat-saat kesusahan dan putus asa di dalam kehidupan orang percaya.
Sungguh merupakan pengalaman yang suram bila tidak ada alasan yang jelas
untuk persoalan-persoalan kita dan bila Allah terasa jauh sekali.
Sepanjang penderitaan semacam itu ada unsur misteri yang baru tersingkap
waktu kita bersama Allah di sorga. Sementara itu, baik iman kepada Allah
sebagai Dia yang menyelamatkan kita maupun hubungan yang benar dengan
Dia adalah penting untuk mengatasi penderitaan itu. Kita tidak boleh
lupa bahwa pada akhirnya "baik maut maupun hidup ... baik yang ada
sekarang, maupun yang akan datang ... tidak akan dapat memisahkan kita
dari kasih Allah yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita"
(Rom 8:38-39).